Halaman

THANK YOU FOR VISIT OUR BLOG
(.^_~.)

Sabtu, 02 Februari 2013

Silabus Kelompok 2

SILABUS PEMBELAJARAN ZOOLOGI INVERTEBRATA

2. Porifera

Mata Kuliah                 :  Zoologi Invertebrata
Kredit                         :  3 (tiga) SKS
Semester                    :  III/Ganjil
Teknik Perkuliahan     :  Tatap Muka
Alokasi waktu             :  3 x 45 Menit
Standar Kompetensi    :  Memahami tentang hewan-hewan dalam phyllum porifera
Kompetensi Dasar       :  Mendeskripsikan ragam hewan pada phyllum porifera
Indikator                      :  1. Mendeskripsikan ciri umum pada porifera.
 2. Menjelaskan tentang tipe saluran air, tipe spikula dan zat pembentuk pada setiap kelas.
 3. Menjelaskan daur hidup porifera.
Tujuan Pembelajaran   :  Peserta didik dapat :
1.         Menjelaskan pengertian Porifera.
2.        Menyebutkan ciri-ciri dan sifat umum porifera dan khusus dari setiap kelas.
3.        Memahami struktur dan fungsi dari dari hewan-hewan porifera.
4.       Membedakan dan mengelompokkan hewan contoh berdasarkan zat pembentuk dan tipe saluran air.
5.       Mengetahui peranan hewan pada setiap kelas dalam kehidupan sehari-hari.
6.       Menjelaskan daur hidup dari setiap kelas pada porifera.
Materi Pembelajaran   :  Alam Kehidupan Phyllum Porifera
Metode Pembelajaran  :  - Ceramah
Langkah- langkah Kegiatan
a.    Kegiatan Pendahuluan
٭       Dosen memeriksa kebersihan dan kerapihan kelas
٭       Para Mahasiswa dan dosen membaca doa
٭       Dosen mengabsen kehadiran mahasiswa
-         Motivasi dan apersepsi
ü Apakah porifera memiliki alat untuk bergerak?
ü Bagaimana bentuk dari hewan porifera? 
b.    Kegiatan Inti
·        Dosen memberikan pertanyaan kepada mahasiswa tentang apa yang diketahuinya mengenai phyllum porifera.
·        Dosen menjelaskan tentang ciri-ciri umum dan khusus pada setiap kelas yang ada dalam phyllum porifera.
·        Dosen menunjukkan contoh hewan pada setiap kelas dari phyllum porifera.
·        Dosen  menjelaskan tentang peranan contoh hewan pada setiap kelas yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
c.     Kegiatan penutup
·        Peserta didik (dibimbing oleh dosen) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·        Dosen mengabsen ulang peserta didik.
Sumber Belajar
a.         Modul
b.         Buku referensi yang relevan
Sarana media
a.       Infocus
b.       Laptop
c.        OHP

Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik penilaian :
-         Tes tertulis
b.       Bentuk Instrumen :
-         Essay
c.        Contoh Instrumen :
-         Contoh essay
Sebutkan dan gambarkan tipe saluran air porifera!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar