Halaman

THANK YOU FOR VISIT OUR BLOG
(.^_~.)

Minggu, 03 Februari 2013

Modul Kelompok 7

MODUL PEMBELAJARAN ZOOLOGI INVERTEBRATA

7. Mollusca

SIFAT –SIFAT UMUM FILUM MOLLUSCA

*      Peredaran darah umumnya terbuka, kecuali Cephalopoda.
*      Respirasi dilakukan dengan menggunakan insang atau paru-paru mantel, atau bagian epidermis.
*      Eksresi dilakukan oleh ginjal.
*      Sistem syaraf dilakukan oleh tiga pasang ganglion yaitu ganglion cerebral (sistem saraf yang menyarafi bagian otak), ganglion visceral (sistem saraf yang menyarafi organ-organ dalam), ganglion pedal (sistem saraf yang menyarafi bagian kaki), yang dihubungkan oleh tali syaraf longitudinal.
*      Alat reproduksi terpisah dan bersatu, dengan system pembuahan internal atau eksternal.
*      Mempunyai daya adaptasi yang tinggi.
*      Hidup pada air ain dan payau hingga air tawar.
*      Muncul dari zaman kambrium hingga sekarang .
*      Tubuhnya terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.


*      Bentuk tubuh simetris bilateral, lunak tidak bersegmen (beruas-ruas), dan banyak diantaranya yang memiliki cangkang di bagian luar tubuhnya.
*      Terdapat struktur berotot yang disebut kaki dengan bentuk dan fungsi berbeda untuk setiap kelasnya.
*      Umumnya memiliki cangkok dan terdapat mantel.
*      Alat pencernaan sempurna, sering memiliki bentuk seperti huruf U atau melingkar.
*      Mulut memiliki radula.
*      Ukuran dan bentuk tubuh
Ukuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi.Misalnya siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur.Namun ada yang dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18 m seperti cum-cumi raksasa.
*      Struktur dan fungsi tubuh
Tubuh mollusca terdiri dari tiga bagian utama :
o   Kaki merupakan penjulur bagian ventral tubuhnya yang berotot.Kaki berfungsi untuk bergerak merayap atau menggali.Pada beberapa molluska kakinya ada yang termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
o   Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca yang lunak.Massa viseral merupakan kumpulansebagaian besar organ tubuh seperti pencernaan, ekskresi, dan reproduksi.
o   Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan.Cairan tersebut merupakan lubang insang, lubang ekskresi, dan anus.Selain itu, mantel dapat mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca bercangkang.

*      Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar.Sistem pencernaan mollusca lengkap terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus.Ada pula yang memiliki rahang dan lidah pada mollusca tertentu.Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula.Radula berfungsi untuk melumat makanan.Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang.Sedangkan yang hidup di darat tidak memiliki insang.Pertukaran udara mollusca dilakukan di rongga mantel berpembuluh darah yang berfungsi sebagai paru-paru.Organ ekskresinya berupa seoasang nefridia yang berperan sebagai ginjal.
*      Cara hidup dan habitat
Mollusca hidup secara heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan ataupun sisa-sisa organisme.Habitatnya di air tawar, di laut dan didarat.Beberapa juga ada yang hidup sebagai parasit.
*      Reproduksi
Mollusca bereproduksi secara seksual dan masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain.Fertilisasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk menghasilkan telur.Telur berkembang menjadi larva dan berkembang lagi menjadi individu dewasa
*      Merupakan hewan triploblastik

KLASIFIKASI MOLLUSCA
Klasifikasi dari mollusca sebenarnya terdiri atas 5 kelas yaitu : Schapopoda, Amphineura,Gastropoda,Bivalvia,Cephalopoda. Tetapi yang di bahas hanya 3 kelas saja,

A . Bivalvia

*      Hewan ini disebut sebagai bivalvia karena tubuhnya dilindungi oleh cangkangnya yang setangkup.
*      Memiliki tubuh simetri bilateral.
*      Hewan golongan ini bernapas dengan insang yang berlapis-lapis yang berbentuk seperti lembaran sehingga disebut juga sebagai Lamelibranchiata (lamela = lembaran, branchia = insang).Dari celah cangkangnya akan keluar kaki yang pipih seperti mata kapak sehingga hewan ini disebut juga Pelecypoda (pelecy = pipih, podos = kaki). 
*      Di bagian bawah cangkang terdapat mantel, yang terdiri atas jaringan khusus yang digunakan untuk membungkus alat-alat dalam, seperti alat pencernaan, alat reproduksi, insang, saraf ataupun jantung.
*      Sistem peredaran darahnya terbuka. Di bagian belakang mantel ada sifon yang digunakan untuk jalan masuk dan keluarnya air.

Salah satu contoh hewan yang termasuk dalam kelas ini adalah
-         Maleagrina margaritivera
-         Anandonta implicate
-         Teredo navialis
-         Cardium sp
-         Vinna sp
-         Ceritium sp

1) Lapisan periostrakum, merupakan lapisan paling luar dan tersusun atas zat tanduk.
2) Lapisan prismatik, merupakan lapisan tengah yang tebal, terdiri atas zat kapur.
3) Lapisan nakreas, merupakan lapisan paling dalam yang tersusun atas zat-zat kapur yang halus. Lapisan ini disebut juga sebagai lapisan mutiara. Contoh spesies yang lain adalah: Asaphis detlorata (remis), Pecten, Ostrea (tiram).

B.  Gastropoda
Sesuai dengan namanya, gaster artinya perut dan podos adalah kaki, Gastropoda adalah anggota phylum Mollusca yang menggunakan perut sebagai kaki atau berjalan dengan menggunakan perutnya. Gastropoda memiliki cirri-ciri yaitu :
*      Memiliki satu cangkang disebut univalve yaitu berkatup Satu.
*      Hewan ini hidupnya di air tawar dan di air laut tetap ada saja yang hidup didarat
*      Mempunyai duapasang tentakel dan mulut
*      Sitem peredaran darah terbuka denga alat jantung dan pembuluh darah.
*      Alat respirasinya adalah nsang , paru pulmonu, dan rongga mantel
*      Sistem saraf dilakukan oleh tiga pasang ganglion ; - ganglion cerebral, ganglion visceral dan ganglion pedal
*      Bersifat hemaprodite, tetapi tidak bias melakukan autofertilisasi
Berkemban biak secara seksual
Contoh :
-         Acatina fulica
-         Limnea trunatulata
-         Eubranchius sp
-         Dentallium sp
-         Cypraea maxima
-         Cypraea annulus
-         Vaginnula sp ( siput telanjang )

C. Kelas Cephalophoda
Cephalophoda merupakan anggota dari muluska. Chephalophoda juga termasuk hewan terbesar dari semua invertebrata. Pernah ditemukan gurita sepanjang 28 kaki dan cumi-cumi sepanjang 50 kaki. Cumi-cumi dapat bergerak sangat cepat dengan cara menyemprotkan air dari bawah mantelnya. Bila dalam bahaya cumi-cumi melarikan diri sambil menyemprotkan tinta berwarna hitam bersama-sama dengan air yang digunakan untuk bergerak dan cairan ini akan menghambat lawan. Maupun cicir-ciri dari cephalopoda
*      Memiliki kaki otot yang mengalami modifikasi menjadi 8-10 tentakel
*      Mulut dikelilingi tentakel
*      Hewan ini mempunyai kepala yang besar dan bermata sangat tajam
*      Yang termasuk kelas ini misalnya gurita, cumi-cumi, dan nautilus. .
*      Pada kepala terdapat tangan-tangan (delapan pada gurita dan sepuluh pada cumi-cumi) yang berguna untuk pergerakan dan mencari mangsa.
*      Mata cephalophoda dapat melihat dan berfungsi seperti vertebrata. Hanya Nautilus lah yang bercangkang. Cangkang cumi-cumi kecil berupa lempengan yang melekat pada mantel sedangkan gurita tidak bercangkang.

Contoh :
-         Loligo indica
-         Octopus vulgaris
-         Nautillus pompilus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar